dasar game maze

Kali ini kita akan membuat dasar dari game maze. Dari dasar game maze ini, kita dapat membuat berbagai macam variasi game.

1. Buatlah sebuah flash document.

2. Buatlah sebuah garis persegi.

persegi

3. Buatlah beberapa garis seperti gambar dibawah ini :

garis maze

4. Setelah itu warnai bagian dalam kotak persegi tetapi bagian tengahnya tidak ikut diwarnai. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

bagian yang diwarnai

5. Apabila ketika anda mewarnai, ternyata semua bagian ikut terwarna, maka ada bagian garis yang anda buat tidak terhubung.

contoh garis

6. Seleksi seluruh objek yang dibuat kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan Dinding sebagai name dan MovieClip sebagai type lalu tekan ok.

7. Seleksi movie clip Dinding kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan dinding di dalam kotak instance name.

8. Buatlah sebuah lingkaran. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan Pemain sebagai name, MovieClip sebagai type, pastikan titik registrasinya berada ditengah-tengah lalu tekan ok.

pemain

9. Seleksi movie clip Pemain dan pada panel properties masukkan pemain didalam kotak instance name.

10. Letakkan movie clip Pemain dan movie clip Dinding seperti gambar di bawah ini :

letak maze

11. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
stop();
//jari-jari pemain
jarijari = pemain._width/2;
//kecepatan pemain bergerak
kecepatan = 5;
pemain.onEnterFrame = function() {
	//jika tombol panah kiri ditekan
	if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
		//pemain bergerak ke kiri
		this._x -= kecepatan;
	}
	//jika tombol panah kanan ditekan
	if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
		//pemain bergerak ke kanan
		this._x += kecepatan;
	}
	//jika tombol panah atas ditekan
	if (Key.isDown(Key.UP)) {
		//pemain bergerak ke atas
		this._y -= kecepatan;
	}
	//jika tombol panah bawah ditekan
	if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
		//pemain bergerak ke bawah
		this._y += kecepatan;
	}
	//membuat pemain tidak dapat melewati dinding
	while (dinding.hitTest(this._x, this._y+jarijari, true)) {
		this._y--;
	}
	while (dinding.hitTest(this._x, this._y-jarijari, true)) {
		this._y++;
	}
	while (dinding.hitTest(this._x-jarijari, this._y, true)) {
		this._x++;
	}
	while (dinding.hitTest(this._x+jarijari, this._y, true)) {
		this._x--;
	}
};

12. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya :

Tekan tombol panah untuk menggerakan pemain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s